Berita Bola

Prediksi Borussia Dortmund vs Real Madrid 2 Juni 2024

Borussia Dortmund dan Real Madrid akan bertarung di final Liga Champions 2023/2024. Pertandingan Dortmund vs Madrid di Wembley Stadium (London, Inggris) ini akan kick off Minggu, 2 Juni 2024, jam 02:00 WIB, siaran langsung SCTV dan live streaming di Vidio.

Ada sejumlah hal menarik yang melatarbelakangi duel ini. Salah satunya adalah pertemuan bintang Madrid, Jude Bellingham, dengan mantan klubnya. Selain itu, ada pula ‘last dance’ dua pemain Jerman, yakni Marco Reus dan Toni Kroos. Bagi Reus, ini akan menjadi laga terakhirnya bersama Dortmund. Bagi Kroos, ini akan menjadi laga terakhirnya di level klub sebelum pensiun usai Euro 2024 nanti.

Dalam perjalanannya ke final, Dortmund telah melewati adangan sejumlah lawan. Termasuk di antaranya adalah rival sekota Madrid, Atletico Madrid, di perempat final. Sementara itu, Madrid musim ini telah menghadapi tiga wakil Jerman, yakni Union Berlin, RB Leipzig, dan rival klasik Dortmund, Bayern Munchen.

Di Bundesliga musim ini, Dortmund hanya sanggup finis peringkat lima. Sementara itu, Madrid keluar sebagai juara di La Liga.

Dortmund baru pernah sekali menjuarai European Cup/Liga Champions, sedangkan Madrid merupakan pemegang rekor dengan 14 gelar. Di era Liga Champions, Madrid belum pernah kalah di final.

Namun, Dortmund musim ini mungkin bisa dibilang lebih unggul dalam hal pertahanan. Di Liga Champions, Dortmund mencatatkan enam clean sheet dan cuma kebobolan sembilan, sedangkan Madrid hanya mengukir tiga clean sheet dan sudah kebobolan 15.

Dortmund adalah harapan terakhir Jerman. Sebab, di final kompetisi Eropa lainnya, yakni Liga Europa, Bayer Leverkusen kalah. Hanya saja, melawan Madrid, itu tidak bakal mudah.

Madrid bakal lebih difavoritkan, tapi segala kemungkinan bisa terjadi. Contohnya adalah Leverkusen dan Manchester City.

Di final Liga Europa musim ini, Leverkusen diunggulkan, tapi Atalanta yang juara. Di FA Cup Inggris, Manchester City sangat difavoritkan, tapi Manchester United yang juara. Itu merupakan pengingat bagi Madrid untuk waspada.

Prediksi Starting XI Borussia Dortmund vs Real Madrid

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Kobel; Maatsen, Schlotterbeck, Hummels, Ryerson; Can, Sabitzer; Adeyemi, Brandt, Sancho; Fullkrug.

Pelatih: Edin Terzic.

Info skuad: Bensebaini (cedera), Haller (meragukan), Duranville (meragukan), Morey (meragukan).

Real Madrid (4-3-1-2): Courtois; Mendy, Nacho, Rudiger, Carvajal; Kroos, Camavinga, Valverde; Bellingham; Vinicius Junior, Rodrygo.

Pelatih: Carlo Ancelotti.

Info skuad: Tchouameni (cedera), Alaba (cedera), Lunin (meragukan).